Cari Blog Ini

Rabu, 04 Agustus 2010

Tari Tiga Etnis

Tari Tiga Etnis
http://issuu.com/ptkpost/docs/26072010

Pembukaan Peksiminas berlangsung meriah. Beberapa tarian khas Kalbar disambut dengan tepukan tangan dan teriakan dari audiens. Suara alunan musik khas suku Dayak menyeru di ruangan Audit Untan. Dentingan-dentingan musik serta gendang mengantarkan enam orang penari laki-laki ke pentas. Tarian itu berhasil menyedot perhatian penonton yang ada di ruang tersebut. Seolah-olah berada di alam. Tarian yang dipadukan dengan musik dan suara manusia mengantarkan aura mistik seketika.Ketakjuban penonton terlihat dari hampir semua kursi peserta di ruangan harus menjadi objek injakan mereka karena tidak mau ketinggalan dengan moment tersebut. Setelah tarian usai, tiba-tiba muncul wanita dengan musik dan tarian Melayu yang membuat penonton semakin tertarik.

Jepretan kamera tidak henti-hentinya ditujukan kepada penari. Lebih mengherankan lagi dari beberapa penonton kontan begitu takjub karena kedatangan penari perempuan suku Thionghoa yang juga ikut meramaikan pentas seni pembukaan Peksiminas pagi itu.Tarian Tiga Etnis, melambangkan tari ciri Khas Kalbar yang menunjukkan bahwa Kalbar miliki beragam suku bangsa dengan dominasi suku Dayak, Melayu dan Thionghoa. Nanang Sasmita, salah satu official dari Kalimantan Timur, megungkapkan tarian tiga etnis yang dilihatnya begitu bagus. Tarian tersebut membuktikan berbeda-beda suku namun bisa satu dalam hasil karya. Tarian itu bisa mengajarkan bahwa Kalbar beragam akan suku. “Tarian ini memberikan arti dalam buat pemersatu bangsa. Tarian ciri khas Kalbar yang bisa memberikan nilai-nilai budaya yang ada,” kata bapak yang membawa pesertanya sekitar 26 orang dari tangkai seni yang diperlombakan.

Paryadi, Wakil Walikota Pontianak mengatakan acara pembukaan peksiminas di Untan sukses. “Kompetisi ini merupakan kompetisi yang bisa memperlihatkan budaya dan potensi kesenian Kalbar yang telah ada,” ujarnya. Rektor Untan Prof Dr Chairil Effendy saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Peksiminas mengucapkan terimakasih kepada BPSNI Nasional yang telah memberikan kesempatan kepada BPSNI Kalbar sehingga dapat menyelenggarakan Peksiminas X di Pontianak. “Kita patut berbangga karena ini kali pertamanya Peksiminas diadakan di pulau Kalimantan. Terimakasih kepada seluruh pimpinan daerah, serta seluruh perguruan tinggi yang ada di Kalbar yang telah memberikan dukungannya hingga acara ini terselenggara,” ujarnya.

http://issuu.com/ptkpost/docs/26072010

http://disbudpar.kalbarprov.go.id/news/399-pekan-seni-mahasiswa-nasional-resmi-dibuka.html